Senin, 05 September 2016

Kode Pos Kecamatan Godean Sleman yang Benar!

Saya akhir-akhir ini tengah membutuhkan data beberapa alamat kolega-kolega saya, sebab saya ingin mengirimkan banyak hal melalui layanan Pos Indonesia. Saya terkadang lebih suka untuk menggunakan layanan itu daripada JNE, TIKI, atau sejenisnya, sebab barang yang saya kirim sifatnya pribadi dan terasa unik ketika harus dengan menggunakan prangko dan stempel pos di atasnya. Beberapa kali ini terkesan lebih vintage tetapi lebih mengena. Kurang lebih begitu.

Nah, saya akhirnya mengecek satu per satu alamat yang sudah saya buat dalam list alamat yang akan saya kirimi kartu pos. Lumayan sih, kartu pos dari luar negeri. Dikirim dengan prangko luar negeri, otomatis dikirim dari sana. Hehe, mengirim kartupos semacam ini sebetulnya bikin geregetan juga. Kadang nyampe kadang enggak. Tapi gak masalah.

Lalu, tibalah dalam list yang saya baca. Ada yang beralamat di Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai calon pengirim yang baik, saya harus mencantumkan alamat yang lengkap pada surat/kartu pos saya dong. Membantu pak Pos dalam mengantarkan selembar surat ini juga kan. Yang diuntungkan juga saya. Hehe...

Biyadalah, oh my... Ternyata nomor kode pos Kecamatan Godean ada 2 nomor: 55564 dan 55264. Wow kan? Emang angka 5 dan 2 kalau di tulisan tangan terkadang mirip sih bentuknya. Tetapi ini tidak boleh dibiarkan dong ya. Bagaimana cara tahu mana yang benar?

55564
Kode pos ini sudah saya kenal sejak SD ketika harus menghafal nomor-nomor kodepos (pelajaran RPUL- jaman SD dulu). Saya seyakin-yakinnya kalau nomor yang benar itu ya yang ini. Saya melihat surat-surat jaman bahula juga seperti ini.

55264
Ini pun saya dapat dari administrasi perbankan dari seseorang. Pernah saya lihat identitas alamatnya, juga Godean tetapi berkodepos 55264. Ia pun telah menanyakan ke admin Customer Service bank-nya. Kata CS, nomor kodepos yang 55264 itu otomatis intenet di data base nya. 

Akhirnya saya cek juga di internet.
Dan memang banyak yang sudah membahas dwi angka ajaib ini. Beberapa tidak konklusif dan tidak meyakinkan. Saya pun menelepon kantor pos Godean, dan menanyakan hal ini. Dan taraaa.... akhirnya didapatlah jawaban yang benar sebenar-benarnya.

Kode pos Kecamatan Godean, Sleman adalah 55564 (5 tiga kali, 6 dan 4). Tidak pernah ada angka 2 pada kodepos kecamatan ini menurut bonggol induk bukunya Kantor Pos (PT. Pos Indonesia). 

Begitu ya, harap menjadi periksa bagi masyarakat semua, bahwa yang benar adalah 55564, bukan 55264.

Sumber:
Kantor Pos Kecamatan Godean
JL. Raya Godean, Sidoluhur, Godean, Sleman · (0274) 6496622

7 komentar:

  1. Kok bisa ya ada 2 kodeposnya, tapi memang paling bener tanya ke kantor pos nya langsung ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, jika ada sesuatu yang butuh penjelasan, lebih baik memang serahkan kepada ahlinya. Hehe

      Hapus
  2. kodepos(.)nomor(.)net/_kodepos.php?_i=desa-kodepos&sby=000000&daerah=Kecamatan-Kab.-Sleman&jobs=Godean

    disini kok 55264 ya, tapi seingat saya dari dulu taunya memang 55564

    BalasHapus
  3. Ketika sy mencoba msk ke link scan data Corona melalui kode pos, memasukkan 55564 ada pemberitahuan kode pos anda tdk valid (gagal, data TDK muncul), tp ketika memasukkan angka 55264 berhasil dan data muncul. Knp bs berubah gt ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kekeliruan di data map googlenya, jadi yang berbasis peta google kedetectnya pasti 55264, baik itu di aplikasi belanja online semisal TOkped BL,dll
      Kalo diisi berbasis lokasi saat ini detect nya pasti 55264

      Hapus
  4. Ketika aku mengalami kebimbangan, aku pun browsing dan taraa aku menemukan blog teman saat ku menimba ilmu ��
    -Tommy

    BalasHapus

Silakan berkomentar yang sehat